Tentang E-mail
Apa itu Email??
Email (Electronic Mail ) merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan atau gambar melalui
internet. Yang kita lakukan bila kita berkomunikasi menggunakan e-mail
adalah mengetikkan pesan yang akan kita kirim pada program komputer yang dikhususkan
untuk keperluan ini misalnya Outlook Express, Yahoo Mail atau yang
lainnya.
Cara Kerja Email
Pada dasarnya email sama dengan surat
biasa ( snail mail ) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum
sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang
tersambung ke internet sebuah email masuk ke beberapa komputer
lain di sepanjang jaringan internet yang disebut dengan mail server.
Ketika email tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan (
seperti yang ditunjuk pada alamat email - kepada siapa kita menulis
email ), maka email tersebut disimpan pada sebuah emailbox. Si
pemilik alamat email baru bisa mendapatkan email itu kalau yang
bersangkutan mengecek emailbox-nya.
Anatomi Alamat Email
Bilamana kita membaca alamat sebuah snail mail,
kita bisa membayangkan seberapa jauh lokasi si pengirim surat dari kita.
Sedangkan untuk alamat email terdiri dari dua bagian yaitu dipisahkan dengan
tanda axon / @ misalnya alamat :
Arisbimas2@gmail.com
Di sebelah
kiri @ disebut user name ( e-rafi ), yang menunjuk pada identitas si
pemilik alamat email. User name bisa merupakan nama si pemilik,
singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. User name
juga menjadi nama bagi emailbox yang dimiliki seseorang di sebuah mail
server. Di sebelah kanan @ ( vedcmalang.or.id ) disebut domain name,
yang menunjukkan identitas mail server di mana seorang user
memiliki emailbox.
Bentuk
Komunikasi Dengan Email
Dalam
beberapa hal email memang meniru snail mail, meskipun jelas email memiliki
banyak kelebihan lain. Ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi
yang bisa dilakukan dengan email.
- Point to Point
Maksudnya
adalah mengirimkan email langsung ke sebuah alamat tertentu. Di
Indonesia terdapat kesepakatan di antara mereka yang sering berkirim email bahwa
cara ini dinamakan japri, singkatan dari jalur pribadi.
- Carbon Copy / CC
Pengertian carbon,
di sini analog dengan bila kita mengetik surat ( dengan mesin tik konvensional )
menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan salinannya. Maksudnya adalah sebuah
email, selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke
alamat lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian yang diawali
dengan “TO”, sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian “CC”.
- Blind Carbon Copy / BCC
Ini adalah
variasi dari CC. Orang yang menerima email yang alamatnya dituliskan
pada bagian “TO” oleh si pengirim, bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat
email mana saja email tersebut dikirimkan sebagai tembusan. Ini karena ia
bisa langsung melihat pada bagian “CC”. Kadang-kadang ada kebutuhan untuk
mengirimkan sebuah email kepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut
tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk
itulah digunakan BCC. Beberapa email client menyediakan bagian “BCC”,
selain “TO” dan “CC”. Pada Outlook Express versi 5.01 bagian BCC baru bisa tampak
bila kita masuk ke sebuah email baru dan mengklik pilihan View dan All Headers.
- Distribution List
Distribution
list adalah
sebuah cara komunikasi dengan menggunakan email secara satu arah.
Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan
informasi tertentu ( pengumuman, berita harian, update mengenai
perkembangan suatu proyek, buletin, jurnal, dan sebagainya ), akan tetapi tidak
mengharapkan adanya respon dari para penerima emailnya. Untuk itu yang
harus dilakukan adalah membuat sebuah alamat tertentu khusus untuk keperluan
ini. Bila pengelola distribution list mengirimkan sebuah email ke alamat
tersebut, maka alamat itu akan mem-forward email tadi ke semua
alamat email yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution
list.
Untuk
menjadi pelanggan, biasanya para calon pelanggan diminta untuk mengikuti
prosedur tertentu yang ditetapkan oleh si pengelola. Bisa pula si pengelola
yang memasukkan alamat email mereka ke database pelanggan secara manual.
- Discussion List
Discussion
list seringkali
juga disebut mailing list atau lebih populer dengan milis.
Pengertiannya hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan
siapa saja yang tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon
terhadap sebuah email. Akan tetapi belum tentu semua orang bisa begitu saja
mengikuti sebuah milis. Kadang-kadang ada milis untuk kalangan yang terbatas,
sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja.
Untuk dapat
bergabung ke dalam sebuah milis pertama-tama seseorang mesti melakukan
proses subscription ( mendaftar ) dengan suatu prosedur tertentu.
Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang administrator
yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi
anggota milis. Milis yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka
bagi siapa saja untuk bergabung.
Etika
Penulisan Email
Netiket atau
Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi melalui e-mail.
Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka,
berkomunikasi dengan e-mail butuh tatacara sendiri. Bisa
dibayangkan. Hampir setiap hari ada jutaan e-mail dikirimkan dan diterima
oleh begitu banyak orang. Maka salah-salah kata, bisa berarti fatal. Tapi
memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e- mail yang pengirimnya
menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya pesan-pesan yang
kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya
kira begitu", atau "betul." Nah, untuk mencegah hal itu terjadi,
ada baiknya kita mengetahui beberapa di antaranya:
Jangan
terlalu banyak mengutip.
Hati-hati
dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar
program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara
otomatis ke dalam isi surat Anda.
Jika harus
mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian
yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja.
Pesan yang terlalu panjang memakan file yang besar, yang membuat loading
menjadi lambat, yang berarti akan menambah beban pulsa tidak hanya pada
pihak penerima, juga pada pihak si pengirim.
Perlakukan
e-mail secara pribadi.
Jika
seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi,
Anda tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup,
atau mailing-list. Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
Jangan
gunakan huruf kapital.
Seperti
halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang
menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi
di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan
e-mail/chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak. Mungkin
saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda.
Jangan
Membicarakan Orang Lain.
Jangan
membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan- kejelakannya.
Berhati-hatilah terhadap apa yang Anda tulis. E- mail memiliki fasilitas
bernama 'Forward', yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya
(forward) ke orang lain.
Jangan
gunakan CC.
Jika Anda
ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), jangan
cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua
orang yang menerima e-mail Anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail
orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan
umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang
hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
Jangan
gunakan format HTML
Jika Anda
mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa
Anda yakin bahwa program e-mail rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika
tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya,
gunakan plain text.
Jawablah
Secara Masuk Akal
Jawablah
setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan
dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Anda
menjawab dalam satu kata: "Good." Wah, ini sangat
menyebalkan.
0 komentar: